Sriwijaya Grafika | Advertising & Percetakan Palembang

Advertising & percetakan palembang - murah berkualitas

Rabu, 06 April 2016

Cara membuat pin talent atau bross plastik

Pin atau bros dan juga sering disebut pin talen atau pin plastik banyak dipakai sebagai souvenir dan alat promosi. Pin talent sering sekali dijadikan sebagai tanda panitia disuatu acara pernikahan ataupun acara resmi lainnya. Pin juga banyak dipakai oleh karyawan kantor dan supermarket untuk dijadikan alat promosi suatu produk maupun slogan perusahaan.

Untuk membuat pin dibutuhkan alat press beserta mouldingnya.

Alat atau mesin press pin talent
Alat pembuat pin

Untuk cara pembuatannya tidaklah sulit, hanya saja diperlukan sedikit ketelitian supaya pin yang dibuat terlihat rapih. Berikut ini langkah-langkah proses pembuatan pin.
  • Desain gambar untuk pin. Desain gambar dengan bentuk lingkaran sesuai dengan ukuran pin yang akan dibuat.
  • Cetak / Print gambar. Proses pencetakan gambar dapat dilakukan dengan menggunakan mesin printer. Kita dapat menggunakan kertas dengan ketebalan 80-150 gram, baik itu kertas HVS, art papper ataupun jenis kertas lainnya yang dianggap sesuai dengan kebutuhan. Sepengetahuan kami tidak ada standar khusus untuk bahan kertas yang digunakan dalam pembuatan pin, kita bisa menggunakan kertas jenis apa saja yang penting intinya gambar untuk pin tersebut dapat tercetak dengan baik diatas kertas yang digunakan. Kami menganjurkan untuk menggunakan printer toner / printer laser dalam proses pencetakan gambar, ini dimaksudkan supaya gambar pada pin nantinya tidak mudah luntur bila terkena air.
  • Potong gambar. Lakukan pemotongan sesuai ukuran diameter moulding. Untuk mengetahui ukuran yang tepat kita bisa mengukur diameter bagian dalam moulding pada alat pembuat pin ataupun diameter plastik mika yang biasanya didapat saat kita membeli bahan baku pin. Pemotongan dapat dilakukan dengan gunting, circle cutter ataupun alat lainnya, yang penting kertas terpotong menjadi bulat sesuai dengan ukuran diameter moulding.
  • Siapkan bahan baku. Saat membeli bahan pin biasanya satu paket terdiri dari bahan bagian belakang pin yang terbuat dari plastik, bagian depan pin yang terbuat dari plat tipis bahan alumunium ataupun bahan lainnya (bahan kaleng), dan plastik mika yang telah dipotong bulat sesuai ukuran diameter moulding.
  • Persiapkan alat. Pastikan alat pembuat pin dalam kondisi baik dan telah terpasang moulding yang sesuai dengan ukuran diameter pin yang akan dibuat. 
  • Letakkan bahan kedalam moulding. Masukkan bahan pin yang terbuat dari kaleng, kertas yang telah dicetak gambar serta plastik mika kedalam moulding A. Kemudian masukkan bahan pin bagian belakang yang telah dilengkapi dengan peniti ke moulding B. 
  • Proses pengepresan. Lakukan pengepresan ke moulding A terlebih dulu dengan cara menekan tuas pada alat pembuat pin kebawah dengan tekanan sedang, kemudian geser moulding dan lakukan pengepresan pada moulding B.
 


Periksa hasilnya apakah pin sudah menyatu dengan baik antara bagian depan dan belakang. Pastikan posisi gambar pin tidak miring, bila dirasa hasilnya sudah bagus silahkan lanjutkan untuk pembuatan pin selanjutnya.


Demikianlah informasi mengenai cara membuat pin talent atau bross. Bila Anda membutuhkan jasa untuk pembuatan pin yang berkualitas dengan harga yang murah (dijamin harga bersaing) silahkan menghubungi percetakan sriwijaya grafika. Kami adalah salah satu percetakan dipalembang yang melayani jasa untuk pembuatan pin talent atau bross ukuran diameter 4,4 cm dan 5,8 cm dengan gambar doff ataupun glossy (mengkilap).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara membuat pin talent atau bross plastik